Waspada Penggunaan Widget di Blog Anda

Halo teman semua, lama juga ga pernah update blog nih. Well, langsung aja kali ini saya ingin berbagi pengalaman. Sering kali ketika kita (para blogger) melihat widget yang "OK" terlintas keinginan untuk memasangnya untuk menjadi pemanis dihalaman depan. Namun berhati-hatilah, terkadang widget yang kita pasang terdapat suatu code (biasanya javascript) yang effectnya belum tentu kita inginkan.
Kasusnya menimpa blog teman saya. Jadi begini masalahnya, begitu saya masuk ke blog tersebut. Secara otomatis halaman awalnya meredirect ke URL lain (auto redirect ke link eksternal). Langsung saja saya hubungi teman saya. Awalnya teman saya tidak begitu percaya dengan laporan saya dan saya pun menganggap itu kesalahan kecil. Mungkin secara tidak sengaja saya mengklik iklan yang ada di blod tersebut.

Tidak begitu lama kemudian, kasusnya mulai terlihat jelas. Ketika saya membaca salah satu artikel menarik disana, auto redirect kembali bekerja. Nah ada apa ini ? Apakah saya kembali mengklik iklan ? Saya rasa tidak. Kembali saya melaporkan kasus ini. Akhirnya teman saya langsung mengecek blognya tersebut dan mengalami hal yang sama (kena auto redirect). Awalnya saya mengira itu kesalahan pada  < meta > (meta tag) pada template. Biasanya meta tag tersebut dapat merefresh halaman atau bahkan dapat membuat jump page ke halaman lain. Tapi menurut teman saya, dia tidak ada merubah code template. Saranin lagi deh untuk mengkroscek javascript pada widget. Dan akhirnya memang benar. Salah satu dari widget tersebut (tepatnya widget bersifat iklan) menyebabkan page secara otomatis redirect ke halaman lain.

Auto redirect seperti ini terkadang menyusahkan buat para pengunjung ketika membaca artikel yang ada di blog. Saya sebagai pengunjung blog tersebut juga merasa terganggu dengan auto redirect tersebut. Maka dari itu berhati-hatilah memasang widget di blog anda. Alih-alih mencari untung malah buntung karena pengunjung kabur.

Hehe. Well, itu saja sih yang ingin saya share. Semoga bermanfaat...

3 komentar:

  1. itu iklan bro yang punya ulah kayak gitu...
    langsung aja saya hapus!!! bikin pembaca saya tidak betah aja.

    ReplyDelete
  2. wkwk...
    untung biang keroknya ditemukan.
    klo engga bahaya bro...

    ReplyDelete